10Base5 (an Ethernet Standard)

Posted on Posted in Konsep Jaringan

ethernet_portThicknet atau adalah implementasi pertama dari kabel coaxial untuk digunakan pada jaringan ethernet, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980, seringkali thicknet ini disebut sebagai thicknet ethernet. Kabel coaxial yang digunakan adalah kabel dengan kategori Radio Ground 8  (RG 8). Kabel ini memiliki diamater inti 2,17 mm dan diameter luar 10,3 mm dengan impedansi (nilai tahanan) 50 Ohm (Ω). Kabel ini umumnya memiliki warna kuning atau orange (terkadang coklat). Adapun gambar kabel RG-8 dapat dilihat pada gambar berikut ini.

3.3

Penerapan kabel coaxial pada jaringan ethernet ini dikenal dengan standar 10Base5. Angka 10 menunjukkan bahwa bandwidth maksimum yang dapat dibawa oleh jaringan ini adalah 10 Mbps. Metode pengiriman datanya dilakukan secara digital (Baseband). Ada pun angka 5 menunjukkan bahwa panjang segmen maksimum pada jaringan ini adalah 500 meter (disingkat menjadi 5).

Kabel RG-8 yang akan digunakan pada jaringan 10Base5 harus di tap (dihubungkan/dikaitkan) dengan sebuah alat yang dinamakan vampire tap. Vampire tap ini berfungsi sebagai transceiver yang bertugas merubah signal digital dari komputer menjadi signal baseband yang dapat dikirimkan melalui kabel. Vampire tap ini dihubungkan ke NIC pada komputer dengan menggunakan AUI Connector. Ilustrasinya dapat dilihat pada beberapa gambar berikut ini.

3.4-full

 

Satu segmen pada jaringan 10Base5 dapat mencapai jarak maksimal 500 meter. Jumlah maksium tap atau jumlah vampire tap yang untuk satu segment adalah 100. Dengan kata lain, jumlah komputer yang paling banyak bisa dihubungkan untuk satu segment jaringan 10Base5 adalah 100 komputer. Jarak antara satu tap dengan tap yang lain adalah minimal 2,5 meter dan maksimal 50 meter. Pada kedua ujung kabel harus ditutup (terminasi) dengan resistor 50 Ohm, umumnya diterapkan dengan N Male Connector yang sudah memiliki resistor 50 Ohm didalamnya. Ilustrasi dari infrastruktur jaringan 10Base5 ini dapat dilihat pada gambar berikut ini.

3.5

 

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*