Buku : Konsep dan Implementasi Routing dengan Router MikroTik – 200% Connected

Posted on Posted in Buku, Konsep Jaringan

Book_icon_by_LordWebsterJudul Buku:
Konsep dan Implementasi Routing dengan Router MikroTik – 200% Connected

Penulis:
Rendra Towidjojo

Penerbit:
Jasakom

Tanggal Terbit:
12 Juli 2013

ISBN : 978-979-1090-80-3

Online Order:
www.tokomahal.com www.bukukita.com www.bukabuku.com

Sinopsis:

Mikrotik-200percentOpen Shortest Path First (OSPF) merupakan routing protocol yang sangat powerfull. Routing protocol ini selalu menjadi pilihan utama pada saat akan menerapkan routing pada internal network suatu organisasi. OSPF dapat diterapkan pada jaringan lokal yang memiliki banyak router.  Selain itu, OSPF diterapkan sebagai Interior Gateway Protocol pada jaringan publik yang memiliki Autonomous System Number.

Konsep area yang digunakan oleh OSPF, menjadikan routing protocol ini handal untuk menangani jaringan dengan skala kecil maupun besar. Link State Database yang dimiliki OSPF akan membuat router memiliki gambaran topologi jaringan yang jelas. Ini membuat Router OSPF sangat cepat untuk mencapai kondisi convergence dan terbebas dari kemungkinan terjadinya routing loop.

Fitur Special Area maupun Summarization yang dimiliki OSPF dapat membuat tabel routing menjadi lebih efisien.

Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Konsep dan Implementasi Routing dengan Router MikroTik – 100% Connected. Adapun pembahasan pada buku ini adalah konsep dan implementasi routing dengan menggunakan OSPF baik Single Area OSPF maupun Multi Area OSPF. Secara garis besar buku ini akan membahas seluk-beluk OSPF seperti berikut ini :

  • ·      Karakteristik dan konfigurasi OSPF
  • ·      Jenis OSPF Router dan jenis OSPF Packet
  • ·      Link State Advertisement (LSA) yang merupakan penyusun Link State Database
  • ·      Berbagai jenis OSPF Network, seperti broadcast network, point to point, point to multi point maupun non broadcast multi access network
  • ·      Berbagai jenis Special Area seperti Stub Area maupun Not So Stubby Area (NSSA).
  • ·      Teknik Redistribute melalui OSPF, baik RIP, default route, static routing maupun directly connected network

Setiap pembahasan konsep pada buku ini akan menggunakan bahasa yang sederhana. Pembahasan akan disertai contoh topologi dan konfigurasi dengan menggunakan Router MikroTik yang ditujukan untuk mempermudah pemahaman tentang fitur-fitur OSPF. Dengan pemahaman konsep yang baik dan contoh konfigurasi, Anda akan dapat melakukan desain awal jaringan sekaligus menerapkan OSPF secara maksimal.

Share Button

One thought on “Buku : Konsep dan Implementasi Routing dengan Router MikroTik – 200% Connected

  1. waduw, mantap. betrrai kalo dual OS, kalo winsdowsnya diinstal ulang, gak perlu intasl ulang linuxnya ya??nice info gan..tapi code colore kq gak kenek?? :recsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*