Cara Remote Router MikroTik via Internet (Studi Kasus GPON Indihome)

Posted on Posted in MikroTik

Pengguna Internet yang berlangganan Internet tipe personal pada umumnya memiliki kendala saat akan melakukan remote dari Internet terhadap perangkat-perangkat jaringan yang dimilikinya. Sehingga diperlukan dilakukan konfigurasi sehingga remote Router MikroTik via Internet dapat dilakukan. Masalah ini lebih disebabkan karena untuk pelanggan personal, pada umumnya Internet Service Provider akan menempatkan perangkat berupa modem maupun GPON pada sisi pelanggannya. Perangkat modem inilah yang membatasi akses pengguna tadi saat akan melakukan remote dari Internet. Kondisi ini banyak ditemukan pada pengguna Internet yang ingin menambahkan Router MikroTik pada jaringannya, dan ingin melakukan remote dari jaringan luar (via Internet) terhadap Router MikroTik tadi.

Topologi yang umum digunakan saat pengguna menambahkan Router MikroTik terlihat pada gambar berikut ini.

 

Gambar di atas merupakan contoh jaringan Internet dari Indihome, dimana pelanggan menambahkan Router MikroTik pada interface LAN dari Modem GPON. Dan seperti terlihat pada gambar tersebut, akses ke Router MikroTik dari Internet akan terhalang oleh Modem GPON. Sehingga diperlukan cara untuk melakukan remote Router MikroTik dari Internet melalui Modem GPON. Perlu diketahui bahwa IP Address publik yang bisa digunakan untuk keperluan romote tetap akan berada pada interface WAN milik modem GPON. Router MikroTik tetap akan menggunakan IP Address private pada interface ether1.

Ada beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan, namun pada artikel ini konfigurasi yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan fitur DMZ pada Modem GPON. Fitur DMZ dapat membuat traffic yang masuk pada interface WAN dari Modem GPON akan diteruskan ke Router MikroTik, sehingga akses remote terhadap Router MikroTik via Internet, cukup dilakukan dengan melakukan remote melalui interface WAN dari Modem GPON.

Adapun asumsi yang digunakan pada artikel ini, adalah asumsi bahwa Router MikroTik sudah bisa mengakses Internet dan sudah bisa memberikan akses Internet pada beberapa komputer client yang terhubung pada interface ether2. Jika Anda masih kesulitan untuk membuat Router MikroTik terhubung ke Internet, mungkin Anda bisa membaca artikel Konfigurasi Dasar Router MikroTik pada web site ini.

Adapun tahapan konfigurasi lengkap untuk melakukan remoter Router MikroTik via Internet dapat dijabarkan sebagai  berikut.

 

Konfigurasi DMZ pada Modem GPON

Tahapan pertama adalah mengaktifkan fitur DMZ pada Modem GPON. Pada contoh skenario ini modem yang digunakan adalah modem Alcatel Lucent. Konfigurasi DMZ terletak pada menu Security > DMZ and ALG. Anda tinggal mencentang fitur DMZ dan memasukkan IP Address ether1 dari Router MikroTik, seperti pada gambar berikut ini. 

Sampai pada tahapan ini, sebenarnya Router MikroTik sudah dapat diakses dari Internet melalui IP Address publik yang ada di interface WAN milik modem GPON. Namun, untuk pelanggan personal, IP Address tersebut selalu berganti-ganti (dinamik), sehingga sulit untuk melakukan konfigurasi jika ternyata IP Address tersebut berubah.

 

Konfigurasi IP Cloud pada Router MikroTik

Untuk mengatasi perubahan IP Address publik yang selalu terjadi, maka perlu dilakukan konfigurasi IP Cloud pada Router MikroTik. Konfigurasi ini dilakukan pada Router MikroTik dengan menggunakan perintah berikut ini.

 

Bila ingin menggunakan WinBox, maka konfigurasi dapat dilakukan melalui menu IP >  Cloud, seperti gambar berikut ini.

 

Setelah melakukan konfigurasi di atas, maka berapapun IP Address publik yang didapatkan oleh modem GPON, maka IP Address tersebut akan dikenal sebagai domain 40d0021db772.sn.mynetname.net (perhatikanlah bagian DNS Name pada konfigurasi IP Cloud). Sehingga untuk melakukan remote Router MikroTik via Internet, Anda cukup menggunakan alamat tersebut, dan domain tersebut dapat diisikan pada WinBox saat akan melakukan remote, seperti pada gambar berikut ini.

 

Sampai pada tahapan ini, maka seharusnya Anda dapat dengan mudah melakukan remote Router MikroTik via Internet dengan menggunakan alamat domain, seperti 40d0021db772.sn.mynetname.net pada contoh skenario ini.

 

Menggunakan CNAME

Jika Anda memiliki sebuah domain, maka konfigurasi CNAME pada domain tersebut dapat digunakan untuk mempermudah penggunaan domain 40d0021db772.sn.mynetname.net  yang relatif panjang dan sulit untuk diingat. Pada contoh ini, domain 40d0021db772.sn.mynetname.net akan dipetakan menjadi domain lab.ilmujaringan.com, seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Dengan konfigurasi CNAME, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan domain yang sulit untuk mengakses Router MikroTik tadi. Pada contoh ini, jika ingin melakukan remote, cukup dengan menggunakan domain lab.ilmujaringan.com.

 

Tips 

Untuk memaksa Router MikroTik selalu melakukan update pada fitur IP Cloud, maka dapat ditambahkan konfigurasi scripting dan scheduler. Contoh berikut adalah konfigurasi yang akan memaksa Router MikroTik untuk melakukan update IP Cloud setiap 2 jam. Ini akan mencegah ketidakakuratan hubungan antara domain dengan IP Address publik di modem GPON (yang kemungkinan bisa saja berganti). 

 

 

— end of chapter —

 

 

Share Button

2 thoughts on “Cara Remote Router MikroTik via Internet (Studi Kasus GPON Indihome)

  1. Mau tanya, apakah semua mikrotik sdh ada fitur ip cloud sob,? Bila tidak, boleh tau seri brapa sj yg sdh mendjkung fitur ini.. rencana mau beli.. thank tutorialx..

    1. semua router mikrotik yang menggunakan routeros seri 5.xx sudah menyediakan fitur ip cloud, terima kasih atas kunjungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.