Konfigurasi DHCP Server/Client pada Router MikroTik

Posted on Posted in MikroTik

mikrotik_logo_newDHCP Server

Chapter ini akan membahas konfigurasi DHCP Server pada Router MikroTik. Saya memilih MikroTik sebagai contoh implementasi karena router ini banyak digunakan pada jaringan kelas SOHO atau Low End, selain itu router ini sangat mudah dikonfigurasi dan dipasarkan dengan harga yang terjangkau.

Asumsi saya Router MikroTik sudah dikonfigurasikan IP Address sesuai topologi pada gambar berikut. Juga telah dikonfigurasikan Gateway, DNS Server, dan NAT sehingga router MikroTik sudah dapat membagi koneksi Internet kepada client-client yang ada. Yang akan dibahas disini hanyalah bagaimana mengkonfigurasikan DHCP Server, sehingga Router MikroTik dapat membagi IP Address kepada client yang ada. Network address yang digunakan pada jaringan tersebut adalah 192.168.10.0/24 dengan Poll IP Address yang akan diberikan kepada client sebanyak 253 (192.168.10.2 s/d 192.168.10.3). Lease time yang akan diberikan selama 20 menit. Sedangkan gateway yang akan diberikan kepada client adalah ether2 dari Router MikroTik yaitu 192.168.10.0. IP Address ether2 juga berfungsi sebagai DNS Server.

 

Konfigurasikan akan dilakukan melalui terminal dari Router MikroTik, Anda dapat mengaksesnya menggunakan WinBox maupun remote koneksi dengan menggunakan putty (Protocol SSH). Konfigurasi DHCP Server pada Router MikroTik dilakukan dengan menggunakan Wizard (walaupun dalam bentuk teks).

Berikut konfigurasi yang perlu Anda lakukan :

 

Jika konfigurasi telah selesai, Anda dapat mengujinya dengan menghubungkan beberapa client dengan konfigurasi automatic.  Jika client-client tersebut telah mendapatkan IP Address secara dinamik, maka Anda dapat melihatnya pada Router MikroTik dengan menggunakan perintah sebagai berikut :

 

Jika Anda menginginkan ada sebuah komputer yang akan mendapatkan IP Address yang sama setiap kali mengajukan permintaan, maka dapat dibuatkan pemetaan static berdasarkan IP Address dan MAC Address komputer tersebut. Anda dapat melakukanya dengan perintah sebagai berikut :

 

 

 DHCP Client

Jika Anda mendapati jaringan yang mengharuskan Interface publik (Internet) dari Router MikroTik harus mendapatkan IP Address  secara dinamik dari ISP, maka konfigurasi yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :

Periksalah terlebih dahulu IP Address pada masing-masing Interface (tentunya ether1 belum memiliki IP Address) dengan perintah berikut :

Aktifkan DHCP Client pada interface ether1 dengan perintah sebagai berikut :

 

Periksa kembali apakah interface ether1 sudah mendapatkan IP Address secara dinamik dari router ISP, dengan perintah sebagai berikut  :

 

Label D pada interface ether1 menandakan bahwa IP Address 222.124.223.172 didapatkan Router MikroTik secara dinamik (DHCP)

.

Share Button

4 thoughts on “Konfigurasi DHCP Server/Client pada Router MikroTik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*