OSPF Link Type – Bagian 2

Posted on Posted in Konsep Jaringan, MikroTik

mikrotik_logo_newPada artikel sebelumnya tentang OSPF Link Type – Bagian 1, sudah dijelaskan 3 jenis link pada jaringan yang menerapkan OSPF. Masing-masing link yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya tersebut adalah Link  Type 1, 2 dan Type 3.

Adapun pembahasan pada artikel adalah Link Type 4.  Link kategori ini akan muncul atau akan hadir pada saat Anda membangun virtual link antara satu Router OSPF dengan Router OSPF lain. Virtual link tersebut dibutuhkan pada saat Anda ingin menghubungkan Reguler Area, dimana Regular Area tersebut tidak terhubung langsung ke Backbone Area. Atau,  virtual link juga dibutuhkan pada saat Anda ingin menghubungkan Backbone Area yang terpisah. Untuk penjelasan lebih dalam tentang virtual link, Anda dapat membaca Buku Konsep dan Implementasi Routing 200 %, terbitan Jasakom.

Adapun topologi yang digunakan untuk memperlihatkan virtual link, dapat dilihat pada gambar berikut.

ospf_link_type_04_wm
Dari gambar di atas terlihat bahwa Backbone Area terpisah oleh network 10.10.10.0/30. Backbone Area tersebut berada di sisi interface ether2 dari Router R1 dan di sisi interface ether2 dari Router R2. Terlihat bahwa Backbone Area tersebut dibangun oleh network 192.168.10.0/24 dan 192.168.20.0/24. Konsep OSPF mengharuskan kedua Backbone Area yang terpisah tersebut harus dihubungkan dengan menggunakan virtual. Sehingga pada saat melakukan konfigurasi OSPF antara Router R1 dan Router R2 Anda harus menghadirkan virtual link. Adapun konfigurasi yang dapat digunakan pada Router R1 dan R2 untuk membangun virtual, dapat menggunakan perintah seperti berikut ini.

 

 

Setelah melakukan konfigurasi seperti uraian diatas maka akan terbangun virtual link antara Router R1 dan Router R2. Sehingga, network 10.10.10.0/30 menjadi penghubung antara kedua Backbone Area yang terpisah dan pada kondisi ini, link pada network tersebut sudah menjadi Link Type 4.

Dari beberapa uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Link Type 4 akan hadir bilamana Anda membangun virtual link antara Router OSPF yang satu dengan Router OSPF yang lainnya.

 

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*