Pengenalan Mail Server

Posted on Posted in Konsep Jaringan

tcp_ip_logoEmail

Email adalah layanan Internet (dapat diterapkan pada private network) yang dibangun oleh mail server dan mail client. Mail server akan melakukan penyimpanan dan pengiriman mail dari pengguna. User atau pengguna menggunakan email client untuk membaca mail yang tersimpan pada mail server.

Mail server melakukan pengiriman email dari user-user yang mempunyai mailbox diserver itu sendiri atau pengiriman ke mailbox di server lain.

Simple Mail Transport Protocl (SMTP) digunakan client untuk mengirimkan mail ke server. Jika tujuan berada di server lain, maka mail server akan menggunakan SMTP untuk memforward mail tersebut. SMTP bekerja dengan destination port 25

Post Office Protocol (POP3) adalah protocol yang digunakan client untuk melakukan download mail dari server. Secara default mail akan terhapus dari server setelah di download. POP3 bekerja dengan destination port 110.

Internet Message Access Protocol (IMAP4) adalah protokol yang digunakan untuk menyimpan dan mengirimkan mail dari client. Server yang mendukung IMAP tidak akan menghapus mail yang ada di server. IMAP4 bekerja dengan destination port 143.

mail_conceptsEmail client yang paling banyak digunakan adalah Outlook Express. Konfigurasi yang umum dilakukan pada email client adalah sebagai   berikut :
•    POP3 or IMAP4 Server name
•    SMTP Server name
•    Username
•    User password
•    SPAM and Virus filters

mail_client
Aplikasi mail server yang paling banyak digunakan pada sistem Linux adalah sendmail, postfix maupun dovecot. Sendmail dan postfix berfungsi menangani pengiriman email sedangkan dovecot untuk penerimaan email. Sendmail dan postfix menggunakan SMTP sedangkan dovecot menggunakan IMAP4 maupun POP3

Mail Server Component

Untuk menjalankan sebuah layanan mail, dibutuhkan 3 komponen, yaitu :
•    Mail Transfer Agent, aplikasi yang melakukan pengiriman dan penerimaan email, misalnya sendmail, postfix, dovecot
•    Mail User Agent, aplikasi yang digunakan untuk membaca email, misalnya mail, Evolution, elm
•    Mail Delivery Agent, aplikasi yang menangani email, misalnya procmail, maildrop.

Konfigurasi Mail Exchange di DNS Server

Pastikan file zona untuk domain yang menjalankan mail server seperti berikut ini

 

 

Share Button