Pengenalan Transmission Control Protocol (TCP)

Posted on Posted in Konsep Jaringan

tcp_ip_logoProtokol yang paling banyak digunakan di Layer Transport adalah TCP. Perbedaan mendasar antara TCP dan UDP adalah masalah reliability (kehandalan). TCP bersifat connection oriented dan sangat menjamin koneksi antara host pengirim dan tujuan, sedangakan UDP bersifat connectionless dan tidak menjamin proses pengiriman data.

  tcp_header

Untuk menjamin pengiriman data, maka TCP akan membuat host pengirim membuat koneksi (establish connection) terlebih dahulu dengan host tujuan sebelum mengirimkan data. Ini membuat kedua host memiliki persiapan untuk melakukan pertukaran data. Setelah establish connection tercapai, barulah data dapat dikirimkan.

Selama proses pengiriman data, TCP juga melakukan maintenance connection (memelihara koneksi). Ini dilakukan dengan mengirimkan Acknowledgment untuk segment yang sudah tiba di host tujuan. Acknowledgment dikirimkan oleh host penerima ke host pengirim sebagai pemberitahuan bahwa segment sudah diterima. Karena memiliki Acknowledgment, maka TCP juga mampu melakukan retransmission segment, bila ternyata ada segment yang tidak mencapai host tujuan.

Setelah proses pengiriman data selesai, maka TCP akan melakukan terminate connection (pemutusan koneksi). Ini dimaksudkan agar baik host pengirim maupun host tujuan mengetahui bahwa proses pengiriman data telah selesai.

TCP Three Way Handshake

Connection establish antara host pengirim dan host tujuan, dilakukan dengan menjalankan Three Way Handshake. Three Way Handshake akan dimulai oleh host pengirim dengan mengirimkan segment yang berisikan SYN Flag ke host tujuan. Jika host tujuan siap dan mau melakukan komunikasi, maka host tujuan akan mengirimkan segment yang berisikan SYN dan ACK Flag. Bila host tujuan tidak mau melakukan komunikasi, maka yang dikirimkan adalah segment dengan Flag RST, ACK. Bila ternyata host tujuan tidak ada, maka tidak akan ada balasan sama sekali. Dengan Three Way Handshake maka host pengirim dapat membedakan beberapa kondisi, ada tidaknya host tujuan dan mau tidaknya host tujuan melakukan komunikasi.

 three_way_handshake

Tahapan terakhir dari Three Way Handshake adalah pengiriman segment yang berisi Flag ACK kepada host tujuan. Sedangkan pengiriman data (komunikasi) hanya dapat dilakukan jika Three Way Handshake selesai.

Selama proses pengiriman data, host tujuan akan mengirimkan Acknowledgment sebagai tanda bahwa segment sudah tiba ditujuan. Acknowledgment tidak dikirimkan untuk setiap segment, namun dikirimkan untuk sejumlah segment. Sejumlah segment tersebut disebut Window Size.

 tcp_maintain_connection

 TCP Session Termination

Jika pengiriman data sudah selesai, maka TCP akan melakukan Terminate Connection. Host yang mengganggap pengiriman telah selesai akan memulai proses Terminate Connection. Terminate connection dilakukan dengan mengirimkan segment dengan Flag FIN dan akan dibalas dengan Flag ACK. Untuk sebuah komunikasi dibutuhkan empat pengiriman segment, baik FIN maupun ACK dari kedua sisi host.

 tcp_terminate_session

 TCP Segment Reassembly

Segment dari sebuah pengiriman data memiliki ISN (Initial Sequence Number) yang dapat menunjukkan urutan setiap segment pada stream data. Karena pengiriman segment TCP dapat menempuh jalur yang berbeda-beda untuk setiap segment, maka host tujuan harus mampu mengurutkan kembali setiap segment yang diterimanya. Segment-segment tersebut bisa saja tidak tiba berurutan di host tujuan.

tcp_reassembly

 Source : CCNA Exploration 1 (ver 4.0)

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*