Pengenalan User Datagram Protocol (UDP)

Posted on Posted in Konsep Jaringan

tcp_ip_logoUser Datagram Protocol (UDP) merupakan protokol yang lebih ringkas dari TCP, karena tidak memiliki fitur-fitur untuk menjamin koneksi seperti pada TCP. Walaupun bersifat connectionless dan tidak menjamin koneksi, bukan berarti aplikasi-aplikasi yang menggunakan UDP tidak akan reliable. Untuk menjaga reliabitiltas, maka fitur-fitur tersebut harus disediakan pada protokol-protokol lain.

Aplikasi-aplikasi yang menggunakan UDP umumnya adalah aplikasi yang masih mentoleransi jika ada segment-segment yang hilang selama proses pengiriman data. Beberapa aplikasi juga menghindari retransmission karena akan mengakibatkan delay jika ternyata ada segment yang hilang. Beberapa aplikasi yang menggunakan UDP, adalah sebagai berikut :

  • Domain Name System (DNS)
  • Simple Network Management Protocol (SNMP)
  • Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)
  • Routing Information Protocol (RIP)
  • Trivial File Transfer Protocol (TFTP)
  • Online games

Aplikasi lain, misalnya DNS akan berulang kali melakukan pengiriman data, jika host tujuan atas pengiriman data yang sudah dilakukan.

UDP bersifat connectionless dan tidak menjamin terjadinya koneksi. Oleh sebab itu tidak ada proses establish connection, maintenance connection maupun terminate connection seperti yang ada pada TCP. Jika sebuah host pengirim ingin mengirimkan aplikasi yang menggunakan UDP, maka host tersebut akan langsung mengirimkannya, tanpa membuat koneksi terlebih dahulu. Demikian juga dengan host penerima yang akan langsung memproses data tersebut, dan langsung diteruskan ke Layer Application.

 

UDP Reassembly

UDP tidak memiliki kemampuan untuk mengurutkan segment yang diterima disuatu host. Untuk beberapa aplikasi yang hanya membutuhkan satu segment, ini tidak berpengaruh. Namun beberapa aplikasi akan mengirimkan data dalam bentuk beberapa segment. Segment yang tiba di host tujuan dan tidak menempati urutan yang tepat, tidak akan diteruskan ke Layer Application.

 udp_header

Begitu juga dengan segment yang hilang, tidak akan dilakukan proses retransmission seperti pada TCP. UDP akan langsung meneruskan stream data ke Layer Application meskipun stream tersebut tidak lengkap.

 udp_reassembly

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*