Report : D’Kongkow 5 Agustus 2012

Posted on Posted in Training

Sebagai salah satu cara untuk selalu melatih kemampuan para IJCers, maka pada hari Minggu, 5 Agustus 2012, Staff IlmuJaringan(dot)Com kembali mengadakan D’KongKow dengan topik utama adalah konfigurasi routing statik dan dinamik dengan menggunakan routing protocol RIPv1 dan RIPv2. Konfigurasi dilakukan dengan menggunakan Router MikroTik. Kali ini, D’Kongkow dilaksanakan dengan format offline dan online. Para IJCers yang mengikuti D’Kongkow dengan format offline diberi kesempatan melakukan konfigurasi routing dengan menggunakan MikroTik Router RB750. Sedangkan jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti training ini adalah 15 orang baik offline maupun online.

Adapun materi yang dibahas adalah pengenalan tabel routing, meliputi pemahaman tentang entry-entry pada tabel routing. Kemudian training dilanjutkan dengan konfigurasi static routing, tidak lupa juga instruktur memberikan konsep “mau ke mana? dan lewat mana” jika akan mengkonfigurasikan static routing. Setelah materi static routing selesai, materi dilanjutkan dengan konfigurasi routing menggunakan RIPv1 yang ternyata tidak dapat berjalan pada jaringan yang menggunakan teknik VLSM. Sesi terakhir dari training ini adalah konfigurasi routing dengan menggunakan RIPv2 yang mendukung VLSM. Tidak lupa pula instruktur memberikan teknik redistribute default route yang bertujuan menyebarkan informasi static routing melalui RIP.

Adapun materi dari D’Kongkow ini dapat di download di sini

Training ini akan dilanjutkan pada Minggu, 12 Agustus 2012 dengan mengambil topik “Konfigurasi Routing dengan menggunakan OSPF pada Router MikroTik

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*