Scripting and Scheduler pada Router MikroTik

Posted on Posted in MikroTik

mikrotik_logo_newOutline :

  • Automatic Backup
  • Proxy Access

Router Mikrotik memiliki fitur scripting yang dapat digunakan untuk membuat daftar perintah-perintah yang akan dijalankan oleh MikroTik secara otomatis. Penggunaan scripting ini dapat dikombinasikan dengan fitur Scheduler (penjadwalan) sehingga daftar perintah yang sudah dibuat melalui fitur scripting dapat dijalankan pada waktu-waktu tertentu, juga dapat dijalankan berulang kali sesuai kebutuhan.

 

 Automatic Backup

Jika ingin melakukan backup konfigurasi secara berkala dan otomatis, maka dapat dilakukan dengan bantuan penjadwalan (scheduler).

Contoh jika diinginkan MikroTik akan melakukan backup setiap hari Sabtu pada pukul 17.00, maka perintah yang dapat dilakukan untuk membuat script otomatis adalah sebagai berikut :

 

Selanjutnya dilakukan pembuatan penjadwalan agar script tersebut dapat dijalankan pada waktu-waktu tertentu dan secara berulang (misalnya setiap hari Sabtu pukul 17.00). Contoh perintah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut :

 

 

Proxy Access

Secara default fitur Web Proxy pada MikroTik tidak dapat melakukan pembatasan akses Internet berdasarkan waktu. Sehingga untuk melakukan penggunaan access control pada proxy berdasarkan alokasi waktu, (misalnya terdapat web site tertentu yang diblokir pada jam-jam tertentu) dapat digunakan fitur script dan scheduler

Skenario berikut adalah pemblokiran situs www.detik.com dari jam 08.00 – 17.00.

Konfigurasi pertama yang dilakukan adalah membuat Access Control pada proxy untuk memblokir akses ke detik. Parameter yang digunakan adalah dst-host=www.detik.com dengan action=deny. Juga diberikan comment=detik yang akan digunakan oleh fitur scripting sebagai pengenal Access Control.

 

Kemudian dilakukan pembuatan script untuk memberikan akses detik dan sekaligus menutup akses detik. Script untuk menutup akses ke detik.com berupa script yang akan meng-enable baris dengan comment=detik pada Access Control proxy. Sedangkan script untuk membuka akses ke detik.com berupa script yang akan meng-disable baris dengan comment=detik tadi. Perintah yang  dapat digunakan perintah sebagai berikut :

 

Sedangkan untuk penjadwalan sesuai dengan waktu yang diinginkan, dapat dibuat dengan menjalankan script name=blok-detik pada jam 08.00.00 dan menjalankan script name=buka-detik pada jam 17.00.00 seperti berikut :

 

 

Update : 24 Juni 2014

 

Referensi :

book-Mikrotik-KungFu1

MikroTik Kung Fu Kitab 1, Rendra Towidjojo, Jasakom, Jakarta 2012
Online order :

 
 
 
 
 
 
book-Mikrotik-KungFu2

MikroTik Kung Fu Kitab 2, Rendra Towidjojo, Jasakom, Jakarta 2012
Online order :

 
 
 
 
 

— End of Chapter —

Share Button

One thought on “Scripting and Scheduler pada Router MikroTik

  1. mas saya menggunakan spcrit proxy lis proxycoder tapi bgtu selesai install gambar captcahx tidak mau muncul ada pesan kaya gini mas[25-Nov-2011 04:46:46] PHP Warning: imagefontheight() expects parameter 1 to be long, string given in /home/hidecom/public_html/includes/libs/animatedcaptcha.class.php on line 236[25-Nov-2011 04:46:46] PHP Warning: imagefontwidth() expects parameter 1 to be long, string given in /home/hidecom/public_html/includes/libs/animatedcaptcha.class.php on line 272[25-Nov-2011 04:46:46] PHP Warning: imagefontwidth() expects parameter 1 to be long, string given in /home/hidecom/public_html/includes/libs/animatedcaptcha.class.php on line 274 tolong mas bantuanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*