Simulasi Jaringan (Client + Router) Menggunakan VMWare Workstation

Posted on Posted in MikroTik

Author : Rendra Towidjojo

Artikel berikut berisi panduan bagaimana membangun topologi warnet sederhana yang terdiri dari dua unit client satu unit router. Dua unit client virtual tersebut akan terhubung ke router virtual, sedangkan akses Internet yang akan didapatkan oleh router virtual tersebut berasal dari kabel UTP yang dihubungkan ke Network Interface Card dari sistem operasi induk tempat VMWare diinstall. Anda dapat melihat contoh topologinya seperti berikut :


Asumsi adalah Anda telah menginstall MikroTik Router OS dan dua unit client Windowd/Linux pada VMware. Jika Anda belum mengerti bagaimana membuat mesin virtual tersebut (baik client maupun router), Anda dapat membaca artikel berikut http://www.ilmujaringan.com/artikel/?p=49

Sebagai pengetahuan awal, VMware menyediakan beberapa alternatif network connection. Jika yang dimaksud adalah Bridge, maka network connection ini akan memberikan hubungan ke “real” interface jaringan pada sistem operasi induk (bukan virtual). Jika Anda menggunakan laptop untuk menjalankan VMware, maka Anda memiliki dua pilihan interface bridge, bisa melalui Wireless Connection (wi-fi) atau melalui Local Area Connection (LAN/Kabel). Selain interface bridge tadi, VMWare juga menyediakan virtual network connection. Virtual network connection ini dapat difungsikan sebagai Switch, dan diberi nama VMnet0, VMnet1 dan seterusnya. Perlu diingat, secara default VMnet0 adalah bridge connection, sehingga untuk membuat switch virtual jangan menggunakan VMnet0 ataupun VMnet1 yang mempunyai hubungan langsung dengan sistem operasi induk.

Seperti contoh di atas, topologi yang akan dibangun menggunakan network connection bridge pada interface ether1 dari router virtual. Sehingga router akan mendapatkan akses Internet dari kabel UTP yang dihubungkan ke interface jaringan laptop. Sedangkan virtual switch yang dibangun menggunakan VMnet2. Anda juga bisa melihat bahwa salah satu interface jaringan router (ether2) terhubung ke VMnet2.

Langkah konfigurasi untuk virtual client yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan semua sistem operasi virtual dalam keadaan off.
  2. Pada bagian Commands, klik Edit virtual machine settings.
  3. Pada bagian Hardware, pilih Ethernet.
  4. Pada bagian Network Connection, pilih Custom dengan pilihan VMnet2.
  5. Jangan lupa mencentang Connect at power on > OK
  6. Lakukan hal yang sama pada virtual client kedua dan seterusnya.

Sedangkan untuk router, konfigurasi yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Pada bagian Commands, klik Edit virtual machine settings.
  2. Pada bagian Hardware, pilih Ethernet pertama.
  3. Pada bagian Network Connection, pilih Bridge
  4. Untuk Ethernet kedua, pilih Custom dengan pilihan VMnet2
  5. Jangan lupa mencentang Connect at power on  untuk kedua interface tersebut
  6. Klik OK.

 

Sampai pada tahapan ini, topologi Anda sudah selesai dibangun. Anda dapat menggunakannya untuk simulasi jaringan. Artikel berikut akan saya bahas bagaimana membangun topologi yang lebih rumit lagi.

Share Button

2 thoughts on “Simulasi Jaringan (Client + Router) Menggunakan VMWare Workstation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*